Sebelum Lakukan Klaim Asuransi Mobil Di Indonesia Untuk Yang Terdampak Banjir, Lakukan Hal Berikut!

By Darus

Untuk seseorang yang tinggal di daerah terdampak banjir, mengalami banjir setiap tahun yang merupakan hal yang wajar. Dengan adanya kejadian ini, maka penting bagi anda untuk memilih asuransi mobil yang didalamnya terdapat perluasan manfaat untuk kejadian banjir. Ada banyak perusahaan asuransi mobil di Indonesia yang memberikan layanan perluasan manfaat ini. Namun ketika anda sudah memiliki asuransi yang punya perluasan manfaat untuk kondisi banjir, perlu memperhatikan beberapa hal. Apalagi saat mobil anda terendam banjir dan ingin melakukan klaim, perlu melakukan beberapa hal berikut supaya klaim asuransinya tidak ditolak.

1. Pastikan Mobil Dalam Posisi Aman

Pertama sekali yang perlu Anda lakukan yaitu membuat mobil dalam posisi aman yaitu letakkan mobil pada posisi yang lebih tinggi saat terjadi kebanjiran. Jika anda tidak sempat melakukan evakuasi mobil sebaiknya tutup knalpot terlebih dahulu.

Knalpot yang mengalami kemasukan air akan merusak mesin mobil sehingga perbaikan jadi sulit dilakukan. Ini bisa saja mempengaruhi diterima atau tidaknya klaim asuransi mobil anda untuk kondisi terdampak banjir.

2. Melepaskan Kabel Aki Agar Mobil Tidak Korsleting

Anda sebaiknya melepaskan bagian kabel negatif pada aki atau baterai agar tidak terjadi korsleting listrik. Pelepasan kabel ini, membuat komponen di dalam mobil terutama untuk komponen listrik jadi tidak mudah rusak saat mobil terendam banjir.

Anda bisa melakukan pencabutan kabel negatif ini sebelum mobil terendam. Jika memang Anda awam dalam melakukannya, bisa melihat ciri-ciri kabel negatif pada aki yaitu ditandai dengan simbol minus atau kurang. Biasanya kabel yang menempel pada terminal negatif di arti warnanya hitam polos.

3. Tidak Boleh Menghidupkan Mobil Saat Posisi Terendam

Anda dilarang untuk menyalakan mobil ketika mobil tersebut sudah dalam posisi terendam banjir. Mobil yang terendam banjir lalu kemudian dinyalakan maka akan mengakibatkan korsleting listrik. Terlebih air banjir yang masuk dalam mesin mobil akan merusak komponen yang ada di dalamnya.

Anda wajib menghubungi bengkel untuk melihat kondisi kendaraan mobil yang terendam. Mobil yang dikemudikan secara paksa pada saat terendam banjir maka bisa-bisa saat anda lakukan pengajuan klaim akan ditolak.

4. Mengecek Kondisi Oli Mobil

Untuk mendapatkan klaim asuransi mobil di Indonesia maka anda harus cek dulu kondisi oli saat mobil terendam banjir. Ada kemungkinan besar bahwa oleh tercampur dengan air banjir. Maka dari itu tangki oli harus dikuras dan diisi kembali. Pengurasan bagian ini sebaiknya dilakukan oleh bengkel resmi agar perbaikannya lebih maksimal.

Anda bisa melihat ciri-ciri oli yang sudah tercampur air warnanya akan berubah menjadi warna putih susu. Tetapi jika anda merupakan orang yang handal dalam otomotif, saja bisa melakukan pengurasan oli ini secara mandiri. Namun resikonya adalah ketika tidak bisa melakukan pengurusan oli maka bisa saja klaim asuransi yang anda lakukan akan ditolak.

5. Langsung Hubungi Perusahaan Asuransi Untuk Nikmati Layanan Klaim

Anda yang terhadap musibah banjir yang datang tiba-tiba tentu tidak akan sempat untuk menghubungi layanan klaim asuransi. Terkadang air sudah naik lebih cepat dan merendam mobil baru kepikiran untuk menghubungi perusahaan asuransi. Namun Tenang saja karena sekarang Anda bisa melakukan klaim asuransi secara online, maka bisa menghubungi call center dari perusahaan asuransi yang ada selama 24 jam untuk layanan darurat.

Anda bisa dengan mudah meminta pertolongan perusahaan asuransi yang siaga secara gratis untuk mengecek kondisi mobil. Layanan 24 jam ini tentu saja bisa anda manfaatkan sebagai hak dari pemegang polis asuransi.

Jadi sekarang tentu anda sudah tahu apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan klaim asuransi mobil di Indonesia dan tidak akan mengalami penolakan saat klaim untuk kondisi mobil terdampak banjir. Namun saat akan ajukan klaim asuransi mobil yang kebanjiran, sebaiknya tidak ada unsur kesengajaan untuk membuat mobil terendam. Apalagi jika anda sengaja menerobos banjir saat memang sudah tahu bahwa terjadi kebanjiran di suatu daerah. Otomatis klaim anda akan gugur jika terjadi hal ini. Untuk Anda yang menginginkan paribasan manfaat asuransi untuk kondisi banjir, bisa membeli produk asuransi yang tepat pada Lifepal. Perluasan asuransi untuk kondisi banjir ini bisa anda dapatkan dengan premi yang lebih murah jika membelinya di Lifepal.

Untuk kategori asuransi kesehatan terbaik, Anda juga bisa memilihnya dari Lifepal. Di Lifepal, Anda bisa menemukan banyak perusahaan asuransi yang sudah bekerjasama dengan Lifepal dan memudahkan untuk perbandingan polis asuransi.